Mengulas Islam Nusantara

Assalammualaikum sahabat pojokilmu mari kita sedikit mengulas tentang Islam Nusantara yang mungkin pada kali ini menjadi trending topik di media sosial seperti facebook, twitter, dan media sosial lainnya. Penggagas Islam Nusantara ialah tak lain KH. said aqil ketua NU (Nahdlatul Ulama). beliau juga menegaskan tentang apa itu Islam Nusantara, jadi penulis disini hanya menyampaikan apa yang disampaikan oleh penggagas Islam Nusantara itu sendiri. Islam Nusantar bukan suatu madzab, bukan merupakan aliran, dan bahkan bukan merupakan agama baru. jadi Islam Nusantara adalah sebuah filosofi atau sebuah makna yang artinya Islam yang berada di tanah Nusantara, yang mengacu pada zaman para walisongo menyiarkan agama Islam di tanah Nusantara ini dengan melalui kebudayaan yang ada di tanah Nusantara. Bukan dengan cara kekerasan maupun tuduhan-tuduhan yang mengakibatkan masyarakat Nusantara benci akan Islam. Bahkan KH. Said Aqil pun sang penggagas Islam Nusantara juga menegaskan bahwasannya beliau mengharamkan yang haram seperti minuman keras, seks bebas dan lain-lain, dan juga menghalalkan yang halal seperti Islam mengajarkan hukum-hukumnya. 


Mengapa Islam Nusantara?
Berawal dari pendiri NU sendiri KH. Hasjim Asya'ri yang mempunya jargon "Nasionalis tidak bisa berdiri tanpa adanya Islam, dan sebaliknya Islam tidak bisa berdiri tanpa adanya Nasionalis". Dan ingat sekali lagi ini adalah jargon dari KH. Hasjim Asya'ri bukan merupakan hadist tegas beliau. mengulas kembali dengan apa yang terjadi di Timur Tengah negara-negara arab anatara syiah dan sunni, israeal dan palestina, arab dengan yaman, dan bahkan semua negara Timur Tengah saling perang sangat dahsyat, tidak ada kejelasan siapa yang mengebom dan siapa yang menjadi sasaran bom. mengapa demikian?, karena mereka tidak punya pahlawan seperti KH. Hasjim Asya'ri yang mempunyai jaargon "Nasionalis tidak bisa berdiri tanpa adanya Islam, dan sebaliknya Islam tidak bisa berdiri tanpa adanya Nasionalis". dan kebanyakan pejuang-pejuang terdahulu di tanah Arab adalah seorang Agamis atau nasionalis, Tidak memiliki keduanya, hanya memiliki salah satu saja. 

Bersyukur
Sudah sepantasnya kita mengucap syukur kepada Allah dan Rasulnya Muhammad salallahualaihi wassalam, karena dengan adanya walisongo dan tokoh islam lainnya tanah Nusantara(umat muslim terbesar di dunia) masih bisa merasakan aman. Dan kewajiban kita adalah mendoakan sodara-sodara kita yang berjihat di Timur Tengah, semoga Allah mengganti tempat mereka dengan surga Allah, Aminn. Bersyukur karena masih ada benteng Umat Islam yang berada di Timur sebagai benteng umat Islam yang masih kokoh, semoga Allah akan selalu menjaga tanah Nusantara ini.
Demikian sedikit ulasan mengenai Islam Nusantara dan semoga kita tidak menjadi orang yang sering menyalahkan, mengkafirkan orang lain tanpa ada alasan yang jelas, karena yang berhak menilai seseorang hanyala Allah semata. Wassalammualaikum.
Mengulas Islam Nusantara Mengulas Islam Nusantara Reviewed by Bitcoin indonesia on 22:51 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.